Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Fotografi Instagram DJPb Kemenkeu RI Oktober 2020

 

Informasi Lomba Fotografi Instagram DJPb Kemenkeu RI
(Foto: Instagram @ditjenperbendaharaan)

Peluangterkini.com – Bagi anda yang tertarik dengan dunia fotografi, jangan lewatkan kesempatan mengikuti lomba Fotografi yang diadakan oleh Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Lomba ini terbuka untuk umum dan periode unggah karya hingga 23 Oktober 2020.

Meski di tengah pandemi, Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan kembali mengadakan lomba foto untuk memeriahkan #HariOeang74 tahun 2020.

Seperti tahun sebelumnya, masyarakat umum dapat mengikuti lomba ini dengan hadiah jutaan rupiah.

KETENTUAN LOMBA FOTOGRAFI INSTAGRAM DJPb 2020

(KATEGORI PESERTA UMUM)

Syarat dan Ketentuan Lomba

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) adalah unit eselon I pada Kementerian Keuangan yang menjalankan tugas dan fungsi pelaksanaan APBN, seperti penyaluran anggaran pembangunan infrastruktur, bantuan sosial, pendidikan, pengelolaan Dana Investasi Pemerintah, pembinaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU), penyediaan kredit usaha rakyat serta penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Tugas dan fungsi DJPb selengkapnya dapat dilihat di website DJPb (https://djpbn.kemenkeu.go.id/ portal/profil/profil-organisasi/tugas-dan-fungsi.html). DJPb juga memiliki unit kerja vertikal yang tersebar di seluruh Indonesia yaitu Kantor Wilayah DJPb dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Informasi unit kerja vertikal DJPb ini dapat dilihat pula pada https:// djpbn.kemenkeu.go.id/portal/unit-vertikal-djpb.html .

Dalam lomba foto Instagram DJPb tahun 2020 ini dibuka keikutsertaan lomba kategori peserta dari kalangan masyarakat (umum), diluar ASN Ditjen Perbendaharaan.

 Untuk kategori peserta umum, pilihan tema yang tersedia adalah :

"Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi", dimaksudkan untuk menggambarkan semangat segenap lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari maupun gambaran program pemerintah di lapangan dalam menghadapi dan menangani kondisi pandemi Covid19 saat ini.

Lomba akan diselenggarakan dalam tahapan dan jangka waktu sebagai berikut:

  1. Periode unggah/pengumpulan foto via instagram (sejak rilis pengumuman s.d. tgl. 23 Oktober 2020).
  2. Seleksi dan penjurian (tgl. 25 - 26 Oktober 2020).
  3. Verifikasi foto kandidat pemenang (27-28 Oktober 2020)
  4. Pengumuman Karya Pemenang I, II, III berdasarkan penilaian juri, melalui postingan IG @ditjenperbendaharaan dan medsos DJPb lainnya (tgl. 29 Oktober 2020).
  5. Panitia akan menghubungi pemenang lomba melalui DM Instagram dan atau nomor telepon (yang di-DM peserta saat submit) untuk melakukan verifikasi, serta menyampaikan hadiah lomba.
  6. Hadiah lomba yang disediakan panitia adalah berupa uang senilai :
  7. Rp. 2,5 juta (Pemenang I); Rp. 1,75 juta (Pemenang II); dan Rp.1 juta (Pemenang III).
  8. Kandidat pemenang yang tidak dapat dihubungi/diverifikasi karyanya pada tahap verifikasi dianggap gugur/mengundurkan diri oleh panitia.

 

Ketentuan Karya Foto yang dilombakan:

  1. Lokasi pemoretan dilakukan di wilayah Indonesia dengan jangka waktu pemotretan sepanjang tahun 2020.
  2. Karya harus asli buatan sendiri dan belum pernah digunakan oleh peserta dan atau pihak ketiga untuk kepentingan komersial.
  3. Karya yang dilombakan tidak/belum pernah memenangkan perlombaan foto apapun sebelumnya.
  4. Karya boleh dihasilkan dengan kamera digital maupun ponsel.
  5. Olah foto (editing) secara digital yang diperkenankan sebatas cropping dan adjustment (brightness, contrast, dodging, burning, saturasi). Tidak diperkenankan memanipulasi foto berupa penambahan/pengurangan elemen lain dalam foto hingga mengubah keaslian foto.
  6. Karya tidak boleh mengandung unsur pornografi, SARA, sadisme, atau hal-hal yang bersifat merendahkan atau melecehkan pihak lain.
  7. Peserta diharapkan tetap menyimpan file foto asli (high res) untuk keperluan verifikasi di kemudian hari jika fotonya dinyatakan terpilih/menang.
  8. Peserta tidak boleh menggunakan materi gambar/foto yang melanggar hak cipta dan panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga jika di kemudian hari timbul masalah copyright.
  9. Panitia/juri berhak mendiskualifikasi foto peserta yang melanggar/tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan atau mendiskualifikasi pemenang jika dikemudian hari ditemukan kecurangan atas foto yang di lombakan.
  10. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  11. DJPb mempunyai hak guna terhadap semua karya foto yang diikutkan dalam lomba guna keperluan publikasi non komersial kehumasan internal dan atau eksternal DJPb.
  12. Dengan mengikut sertakan karya fotonya dalam lomba ini, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh ketentuan dan persyaratan lomba.

Untuk konfirmasi/keterangan lebih lanjut mengenai ketentuan lomba dapat DM langsung akun resmi Instagram Ditjen Perbendaharaan @ditjenperbendaharaan atau menghubungi narahubung Sdr. Firman nomor telepon/ WA : 081212126205.

 

Juri Lomba

  1. Misbachul Munir @munirkwnol - Fotografer Profesional
  2. Humas Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI

 Syarat dan tatacara mengikuti lomba adalah:

  1. Peserta wajib follow IG @ditjenperbendaharaan
  2. Repost flyer Lomba dan mention ke 3 (tiga) akun IG lain yang terhubung dengan akun peserta.
  3. Foto diikutsertakan dalam lomba dengan mengunggah (posting) pada akun Instagram (IG) pribadi peserta yang bersangkutan.
  4. Untuk memudahkan proses verifikasi dalam hal karya yang di submit menang, peserta agar mengirim pula nomor teleponnya melalui DM saat submit foto kepada akun IG @ditjenperbendaharaan.
  5. Tiap akun peserta bebas mengirim karya foto tanpa batasan jumlah
  6. Foto diunggah tunggal/single dan bukan merupakan unggahan series / multiple 
  7. Unggahan IG foto yang diikutsertakan dalam lomba disertai penulisan uraian (caption) dengan format : Nama Sesuai Kartu Identitas Yang berlaku [spasi] Akun IG [spasi] Keterangan singkat isi foto [Spasi] Lokasi, disertai tagar / Hashtag #TreasuryFoto2020, #DJPbTangguh2020 serta mention @ditjenperbendaharaan

Contoh format penulisan caption foto :

Budi Santosa @budisantosa

Dari kaos ke masker, garmen rumahan coba bertahan

[ isi caption ]

#TreasuryFoto2020

#DJPbTangguh2020

@ditjenperbendaharaan


Sumber: http://djpb.kemenkeu.go.id/kisahtreasury/snk-foto-umum/

 

Posting Komentar untuk "Lomba Fotografi Instagram DJPb Kemenkeu RI Oktober 2020"