Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Aman Belanja Online Tanpa Takut Terjebak Penipuan

 

(Foto: www.pexels.com)

PeluangTerkini.com - Apakah anda salah seorang yang gemar berbelanja? Jika iya, sudahkah anda menggunakan metode berbelanja secara online? Terkadang, salah satu hal yang memberatkan seseorang untuk tidak menggunakan metode belanja online dikarenakan rentan terhadap penipuan.

Padahal ada banyak penjual yang ramah, jujur serta menyediakan barang atau jasa yang anda butuhkan secara online ini. Namun, bagaimana tips aman belanja online tanpa takut adanya penipuan? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahasnya.

1. Cek Status Toko Online Tersebut

Hal pertama yang tidak boleh anda lewatkan adalah mengecek status dari toko yang ingin anda beli produknya tersebut. Apa saja yang harus anda cek? Lihatlah performanya.

Bagaimana cara mereka membalas pertanyaan pelanggan, kapan terakhir mereka online, sudah berapa lama umur toko tersebut. Hingga cari tahu, apakah ada reputasi buruk atau tidak.

2. Testimoni

Biasanya, penjual yang tidak "nakal" kebanyakan akan menampilkan testimoni atau ulasan dari produk yang mereka jual. Pada bagian ini, anda bisa melihat apa saja tanggapan pembeli sebelumnya. Biasanya para pembeli yang merasa puas akan pelayanan toko tersebut tidak segan-segan memberikan rating yang tinggi disertai video atau bahkan gambar.

Nah, testimoni seperti ini dapat membantu anda melihat apakah produk sesuai dengan deskripsinya? Apakah sesuai dengan yang anda inginkan? Atau, carilah kritikan atau testimoni negatif. Agar anda tahu dimana kesalahan toko tersebut. Jika testimoni negatif lebih banyak, jangan teruskan untuk berbelanja di sana.

3. Menggunakan Rekber atau E-commerce

Agar labih aman lagi, jangan langsung mentransfer total belanjaan anda ke rekening pribadi sang pemilik toko. Sebab, yang menampilkan testimoni atau ulasan produk saja bisa jadi terindikasi penipuan. Karena, ada banyak kasus dimana testimoni dan nama toko dicuri dari penjual lainnya yang memang amanah. Nah, untuk menghindari kesalahan ini, tidak ada salahnya anda meminta untuk menggunakan rekening bersama terlebih dahulu.

Biasanya, jika pemilik toko bukan penipu, mereka tidak akan menolak pilihan ini. Atau, anda bisa menggunakan jasa dari e-commerce terpercaya. Gunakan jasa e-commerce yang memiliki reputasi baik serta sering digunakan oleh orang lain. Di sana, anda bisa mencari para penjual dengan produk yang anda butuhkan. Tapi, peecuma saja menggunakan e-commerce jika anda mau-mau saja diajak bertransaksi di luar dari sistem mereka ya!

4. Cek Harga

Tips aman berbelanja online berikutnya tentang masalah harga. Tidak sedikit pembeli yang tergiur dengan harga murah yang jauh dibawah rata-rata penjual lainnya. Jika hanya selisih seribuan masih wajar. Namun, bagaimana jika selisihnya dengan toko-toko lain mencapai ratusan ribu hingga jutaan? Berharap untung malah buntung, begitulah istilahnya. Para penipu seringkali menggunakan trik ini. Entah itu dengan alasan cuci gudang atau barang black market.

Jangan mudah tertipu, ya! Mau itu promo cuci gudang sekalipun harganya tidak mungkin terlalu "miring". Justru, penjual dengan jualan yang harga jualnya jauh dibawah harga standar harus dicurigai. Entah itu adalah penipuan, barang yang dijual rusak atau banyak alasan negatif lainnya. Black Market? Tidak ada istilah barang seperti itu diperjual belikan secara online. Jikalau pun ada, pasti sudah diamankan pihak yang berwajib. Sebab hal tersebut melanggar peraturan negara kita.

Dengan penjelasan tips aman berbelanja online di atas, anda seharusnya sudah bisa membedakan mana pedagang nakal dan mana pedagang yang jujur. Teliti, pintar dan cermat adalah kunci berbelanja secara daring. Jangan sampai, anda terjebak dengan penipuan mengatas namakan toko online, ya!

Posting Komentar untuk "5 Tips Aman Belanja Online Tanpa Takut Terjebak Penipuan"