Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Mendapatkan Uang Melalui Blog

(Foto: www.pexels.com)

PeluangTerkini.com - Semua orang pasti sudah mengenal apa itu Blog, bukan? Ternyata, selain menyalurkan hobi, blog juga bisa memberikan penghasilan kepada pemiliknya. Hanya saja, sang pemilik harus mengetahui terlebih dahulu teknik mendapatkan uang melalui blog yang akan dibahas berikut ini. Sebab, bukan berarti ketika anda memiliki blog langsung otomatis mendapatkan penghasilan. Tetap saja ada beberapa hal yang harus diketahui dan dilakukan terlebih dahulu, yaitu:

1. Pilih Platform Blog

Hal pertama yang mempengaruhi dari trik mendapatkan uang  melalui blog adalah jenis platform yang anda gunakan. Sebenarnya, ada beberapa pilihan platform terbaik untuk blog anda. Misalnya saja Blogspot yang sering digunakan oleh para pemula, Magento, Joomla atau Wordpress. Apapun pilihannya pasti susah anda pertimbangkan dengan baik. Sebab, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, salah satu platform yang lebih sering digunakan adalah wordpress.

Kenapa merekomendasikan platform ini? Sebab, wordpress bisa digunakan oleh siapapun. Baik itu pemula atau bahkan sang ahli sekalipun. Tidak hanya itu, wordpress mudah untuk dialihkan ke web hosting berbayar. Namun, anda tetap bisa menggunakannya secara gratis untuk memulai blog terlebih dahulu. Jadi, pilihan yang satu ini lebih hemat, ekonomis dan mudah untuk dimodifikasi.

2. Bangun Konten dan Promosi Blog

Sebuah blog yang dilirik banyak orang disebabkan oleh konten artikel yang berkualitas. Jadi, setelah memilih platform terbaik mulailah membangun blog anda dengan mengisinya dengan beragam konten menarik dan berkualitas. Lebih disarankan jika anda membuat blog yang terfokus pada satu tema saja (bukan konten gado-gado). Kenapa? Karena blog yang mengusung satu tema terpokus paati lebih mudah dipromosikan dan lebih mudah menarik banyak peminat.

Setelah anda mengisi blog tersebut dengan konten-konten berkualitas, maka promosikan blog tersebut. Salah satu penyebab blog yang diisi dengan konten bagus tidak berkembang karena promosinya kurang. Jika promosinya dilakukan secara optimal, maka lama kelamaan akan ada banyak pengunjung yang menjadi langganan harian. Promosi blog tidak harus mengeluarkan biaya mahal kok. Anda bisa memanfaatkan sosial media dan melakukan promosi di sana. Atau, cari forum-forum yang berhubungan dengan tema blog anda, lakukan juga promosi di beberapa forum tersebut.

3. Mencari Sumber Pemasukan Dari Blog

Di langkah terakhir adalah pencarian akan sumber dana pemasukan untuk blog anda. Ada beberapa jenis sumber dana yang bisa didapatkan dari sebuah blog, yakni :

  • AdSense : salah satu sumber penghasilan blog yang populer adalah adsense. Untuk jenis penghasilan yang satu ini ratenya akan disamakan dengan niche blog anda. Misalnya niche yang anda gunakan mengulas tentang mobil atau jual beli mobil maka rate iklan adsense akan jauh lebih mahal daripada niche mainan, bukan? Jika ingin menggunakan sumber penghasilan ini. Maka anda hanya perlu membuat akun Adsense dan mendaftarkan blog anda tersebut.
  • Produk dan Jasa : sumber penghasilan lainnya yang lebih kongkrit adalah menawarkan atau menjual produk atau jasa milik anda. Coba saja lirik perusahaan makanan ternama sekarang ini. Pasti mereka memiliki blog pribadi, bukan? Tujuannya untuk mengenalkan dan menyebar luaskan layanan mereka tersebut. Bahkan melalui blog mereka juga bisa terhubung dengan konsumen dan melakukan transaksi jual beli.
  • Afiliasi dan Endorsement : sumber penghasilan lainnya yang tak kalah menguntungkan adalah layanan afiliasi dan endorsement. Jika endorsement maka pihak pemilik produk atau jasa yang akan menggunakan blog anda menghubungi pihak anda terlebih dahulu. Untuk afiliasi, carilah partner yang memang amanah dan memberikan komisi yang sesuai.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit mempelajari teknik mendapatkan uang melalui blog di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber: Pro

Posting Komentar untuk "Teknik Mendapatkan Uang Melalui Blog"