Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19

 

(Foto: www.pexels.com)

PeluangTerkini.com - Semua orang pasti membutuhkan tips hidup sehat di masa pandemi yang tengah melanda dunia saat ini. Bagaimana tidak, yang sedang dilawan oleh semua orang adalah virus yang memiliki ukuran nano. Jadi, sangat sulit untuk terdeteksi. Parahnya lagi, beberapa kasus menyatakan banyak ditemukan orang yang terinfeksi namun tidak mendapatkan gejala apapun alias terasa sehat-sehat saja. Tentu hal ini sangat berbahaya dimana orang lain tidak mengetahui siapa saja yang terinfeksi dan siapa yang tidak terinfeksi. Untuk itu, cegah serangan virus ini dengan beberapa tips hidup sehat, yaitu:

1. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Salah satu penyebab penyebaran penyakit akibat virus ini masih berlangsung hingga sekarang karena banyak masyarakat yang tidak menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Padahal, protokol ini sangat disarankan terutama untuk menghindari adanya penularan yang sangat mudah terjadi jika banyak yang mengabaikannya. Protokol kesehatan ini terdiri dari mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan atau menjaga jarak.

Berlakunya new normal bukan berarti anda bebas melakukan apapun tanpa ada batasan. Sebab, pandemi ini belum benar-benar berakhir. Salah satu cara menghindarinya adalah membatasi pergerakan dan menjaga jarak terlebih dahulu. Jika anda tidak memulainya maka pandemi ini akan terus berlangsung tanpa akhir. Karena dibutuhkan kesadaran untuk bersama-sama mengakhiri pandemi tersebut.

2. Makan Makanan Yang Sehat

Jangan sembarangan memakan makanan ketika musim penyakit menyerang. Sebab, makanan yang anda makan mempengaruhi sistem imun tubuh. Tidak hanya itu sembarangan memakan makanan apalagi cepat saji dan tidak diketahui bagaimana metode memasaknya akan menyebabkan sakit. Sakit yang paling mudah menyerang adalah sakit perut.

Lebih baik, anda memasak sendiri makanan yang akan anda konsumsi. Carilah makanan dengan gizi yang seimbang. Misalnya memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak baik hingga vitamin yang terkandung dalam bahan makanan. Memasak sendiri makanan anda juga membuat anda mengetahui standar kebersihan yang anda konsumsi. Jika membeli masakan di luaran anda tidak tahu komposisi dan standar kebersihannya, bukan?

3. Olahraga dan Suplemen Vitamin

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi multivitamin selama masa pandemi berlangsung agar imunitas meningkat. Suplemen vitamin ini berguna untuk menambah kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yang mungkin tidak tercukupi setiap harinya. Bukankah lebih baik menjaga daripada mengobati, bukan?

Tidak hanya konsumsi vitamin saja, anda juga harus menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur. Orang-orang yang rutin berolahraga lebih kuat melawan penyakit ketimbang mereka yang jarang berolahraga. Tidak perlu ke gym kok! Anda bisa melakukan olahraga sendiri dirumah. Misalnya dengan melakukan senam. Yang penting melakukan pergerakan secara rutin.

4. Periksakan Jika Merasa Tubuh Tidak Sehat

Ada banyak gejala yang timbul sebagai salah satu ciri-ciri terserang wabah pada masa pandemi ini. Tidak ada gejala yang benar-benar bisa menjadi patokan. Untuk itu, jika anda merasa tidak enak badan atau memiliki gejala yang mengarah kepada penularan pandemi, maka anda harus segera meminta pertolongan medis.

Jangan biarkan penyakit membuat anda takut dan tidak memeriksakan diri. Justru hal ini malah membahayakan anda dan keluarga. Sebab, pandemi ini merupakan wabah penyakit yang menyerang dengan mudah. Untuk itu, jangan malu untuk segera memeriksakan diri jika mengalami masalah kesehatan.

Jangan lupa juga untuk beristirahat di malam hari setidaknya 6 jam setiap harinya. Tubuh yang kurang istirahat akan lebih mudah terserang penyakit. Jangan lupa juga mengkonsumsi cukup air minum untuk menghindari dehidrasi. Demikianlah tips hidup sehat di masa pandemi agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Sumber: Pro

Posting Komentar untuk "Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19"