Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses

 

(Foto: www.pexels.com)

Menonton video yang ada di Youtube sudah bukan hal asing lagi bagi kebanyakan orang. Anda sendiri pasti pernah mencari video di Youtube, bukan? Entah itu mencari tutorial, video lucu atau bahkan video-video unik lainnya. Dan, tahukah anda sebagian besar video tersebut memberikan keuntungan bagi sang pemiliknya? Pasti anda mulai memikirkan betapa mudahnya mendapatkan penghasilan hanya dengan membuat sebuah video, bukan? Sejatinya memang mudah, tapi tidak semudah itu. Ada beberapa peraturan yang ditetapkan oleh Youtube agar sang creator video bisa mendapatkan penghasilan. Nah, jika anda tertarik menjadi salah satu konten kreator Youtube dan mendapatkan uang. Maka, berikut tips menjadi Youtuber pemula yang bisa menjadi panduan anda.

1. Akun dan Tema

Untuk menghasilkan uang dari Youtube, pertama-tama anda memang harus memiliki akun terlebih dahulu. Namun, apakah setelah memiliki akun bisa berpotensi menghasilkan uang? Tentu tidak. Setelah akun anda selesai dibuat, maka mulailah memikirkan tema apa yang akan anda angkat? Sesuaikan dengan minat dan kemampuan anda. Misalnya saja anda ingin mengangkat video tentang tutorial DIY. Setelah tema anda temukan dan mulailah merekam dan mengedit video. Pertimbangkan durasi, background, tata pengambilan gambar, pencahayaan, narasi dan durasi. Usahakan video anda tersebut menarik dan bermanfaat agar selalu ditonton plus mendapatkan subscriber.

2. Ciri Khas dan Tipe Konten

Coba pikirkan, apakah video anda nantinya akan bertipe edukasi? Apakah mengajak, membuat seseorang mencoba atau bahkan membeli sesuatu? Atau konten hiburan? Untuk apa menentukan tipe konten? Tentu saja agar anda bisa menghasilkan video yang lebih terarah. Namun, tidak ada salahnya anda menggabungkan dua atau semua tipe konten di atas. Tidak hanya tipe konten saja loh! Anda juga harus menentukan ciri khas anda tersendiri. Youtuber dengan ciri khas yang unik pasti lebih mudah dikenal daripada yang biasa-biasa saja, bukan? Jadi, temukan salah satu ciri khas anda. Entah itu cara berbahasa, gaya anda di kamera atau mungkin latar belakang pengambilan video.

3. Fokus

Jangan buru-buru mengharapkan uang yang banyak hanya karena anda mulai melirik menjadi seorang Youtuber. Ingat, bahwa sudah ada banyak sekali Youtuber lainnya yang sudah lama terjun di sana sebelum anda. Anda harus membangun kepercayaan penonton terlebih dahulu. Untuk itulah tema Youtube anda harus disesuaikan dengan minat serta bakat. Agar, konten yang anda hasilkan nantinya bermanfaat serta membuat orang lain tertarik untuk mengikuti channel anda tersebut. Jadi, fokuslah membuat konten menarik serta berkualitas terlebih dahulu. Jangan sampai anda asal-asalan dan bahkan mengambil video milik orang lain. Ingat ya, YouTube punya peraturan yang tegas masalah hak cipta.

4. Promosi dan Pengelolaan Akun

Setelah anda berhasil membuat konten yang sudah diupload ke akun anda. Maka hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah promosi. Cobalah menggunakan media sosial. Melalui akun medsos, anda bisa mengajak teman-teman untuk melirik dan mengunjungi akun YouTube anda. Yakinlah, mereka yang mengetahui promosi ini tidak akan segan berinteraksi sehingga menjadi subscriber setia jika menemukan hal unik di akun anda.

5. Monetisasi

Ini merupakan tahapan terakhir dimana anda bisa menghasilkan uang dari channel YouTube tersebut. Namun, hal ini hanya bisa terlaksana jika upaya monetisasi anda berhasil. Pihak YouTube akan memberikan pemberitahuan jika akun anda layak menerima iklan untuk mendapatkan sistem bagi hasil. Sembari anda menunggu akun anda menghasilkan uang, tidak ada salahnya anda konsisten membangun channel tersebut dan berinteraksi dengan subscriber.

Demikianlah tips menjadi Youtuber pemula agar sukses dan menghasilkan uang. Pokoknya, anda jangan pernah mudah menyerah, ya! Usaha terus sampai akun anda berhasil mendapatkan monetisasi.

 

Posting Komentar untuk "Tips Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses"