Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-53 LIPI Tahun 2021

 

Informasi Lomba Karya Ilmiah Remaja LIPI Tahun 2021
(Foto: Instagram @lipiindonesia)

PeluangTerkini.com – Informasi menarik bagi adik-adik Pelajar SMP dan SMA Sederajat, Jangan lewatkan kesempatan mengikuti Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-53 tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pendaftaran ditutup tanggal 28 Mei 2021.

Sekilas tentang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR)

LKIR merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMP dan SMA  sederajat (maksimal kelas XII pada saat presentasi finalis). Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisa permasalahan dalam mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan & teknologi.

(Foto: Instagram @lipiindonesia)

Kategori Proposal

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN KEMANUSIAAN
(SOCIAL AND BEHAVIORAL SCIENCES)

Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan studi sosial dengan beberapa sub tema: Psikologi (Psikologi Sosial, Psikologi Kognitif, Psikologi Fisiologis), Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik, dan lainnya.

ILMU PENGETAHUAN HAYATI
(LIFE SCIENCES)

Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan ilmu alam, berbagai kajian observasi, eksperimentasi, penyimpulan dengan ruang lingkup makhluk hidup, energi dan perubahannya, dan keilmuan tentang alam lainnya, dengan sub tema: Kimia, Biokimia, Biologi, Mikrobiologi, Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Hewan, Obat & Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Manajemen Lingkungan, Ilmu Matematika , dan lainnya.

ILMU PENGETAHUAN TEKNIK
(ENGINEERING SCIENCES)

Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan merancang dan menghasilkan perangkat, struktur dan proses yang dapat digunakan serta dapat berupa inovasi produk dan pengembangan sistem, dengan sub tema: Fisika, Energi & Transportasi, Teknik Mekanika & Elektronika, Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Material & Bioteknologi, dan lainnya.

ILMU PENGETAHUAN KEBUMIAN DAN KELAUTAN
(EARTH AND MARINE SCIENCES)

Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan kajian, observasi, rekayasa dan menghasilkan rancang bangun maupun perangkat-perangkat di bidang ilmu kebumian dan kelautan, dengan sub tema: Geofisika (misalnya: vulkanologi, seismologi, geofisika komputasi, dll), Astronomi, Cuaca, Klimatologi dan Perubahan Iklim (misalnya: perbintangan, planet, komet, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, pencemaran udara, dll), Geokimia (misalnya: geokimia eksplorasi dan terapan), Petrologi dan Mineralogi, Geologi, Kebencanaan Geologi dan Mitigasi (misalnya: bencana alam geologi – gempa bumi, tsunami, tanah longsor, gunung api, bencana alam meteorologi/hidrometeorologi - banjir, kekeringan, badai guntur, tornado, puting beliung, dll), Kelautan/Oseanografi (misalnya: budidaya biota laut, toksikologi, biokimia laut, pencermaran laut, manajemen pesisir, sumberdaya pengan, obat perairan laut), Limnologi (misalnya: budidaya perairan darat, toksikologi dan manajemen perairan darat, sumberdaya pangan, obat perairan darat-sungai-danau), Teknik Sumberdaya Geologi (misalnya: pemrosesan mineral-batubara, teknik pertambangan, reservoir dan perminyakan, dll), Hidrologi (misalnya: air tanah, air permukaan, ekohidrologi, dll).

Bagi peserta yang lolos seleksi akan mendapat mentoring penelitian langsung oleh Peneliti LIPI. Tidak hanya manfaat teoritis yang akan diperoleh, tapi juga manfaat praktis. Dengan begitu, peserta dapat melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah dengan lebih baik lagi. Tentunya sesuai dengan kaidah dan etika penelitian

INFORMASI DAN REGISTRASI

www.kompetisi.lipi.go.id

 

Sumber:

  1. https://kompetisi.lipi.go.id/tentang/lkir
  2. Instagram @lipiindonesia

Posting Komentar untuk "Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-53 LIPI Tahun 2021"