Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) Periode Tahun 2022 - 2023

 

Informasi Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) Periode Tahun 2022 - 2023
(Foto:  https://www.id.emb-japan.go.jp/)

PeluangTerkini.com – Kabar gembira bagi anda lulusan SMA – SMK dan Universitas yang saat ini sedang mencari-cari peluang mendapatkan beasiswa, Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan program beasiswa yang dirancang khusus bagi  lulusan SMA/SMK dan sederajat serta program Research Student untuk lulusan universitas. Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho/MEXT Periode 2022 – 2023 dibuka mulai tanggal 4 – 19 Mei 2022.

Beasiswa Monbukagakusho/MEXT 2022 - 2023

Adapun Program Beasiswa yang ditawarkan Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang untuk periode Mei 2022, adalah sebagai berikut:

1. Program Undergraduate (Gakubu) 2023

Melalui Program Beasiswa Undergraduate (Gakubu) 2023, pemerintah Jepang menawarkan beasiswa bagi lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S-1 di universitas negeri di Jepang.

Sebelum berkuliah di universitas, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi yang memilih bidang studi IPA) di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang. Total masa belajar yaitu 5 tahun.

Informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa Undergraduate (Gakubu) 2023 dapat diakses melalui: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2023.html

 

2. College of Technology (Kosen) 2023

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) pemerintah Jepang menawarkan beasiswa bagi lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke College of Technology (Koto Senmon Gakko).

College of Technology adalah sekolah yang berfokus pada studi teknik yang sebagian besar terdiri dari eksperimen dan latihan-latihan praktik. Lulusannya diharapkan dapat menjadi ahli teknik (insinyur). College of Technology memiliki program belajar yang dirancang selama 5 tahun bagi lulusan SMP di Jepang. Namun khusus bagi penerima beasiswa Monbukagakusho, akan masuk ke College of Technology sebagai siswa tahun ketiga.

Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S-1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di college dan hasil seleksi.

Sebelum berkuliah di sini, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Tokyo, Jepang. Total masa belajar yaitu 4 tahun (bagi yang memilih bidang studi maritime engineering, total masa belajar yaitu 4,5 tahun).

Informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa College of Technology (Kosen) 2023 dapat diakses melalui: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_kosen2023.html

3. Specialized Training College (Senshu) 2023

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/ MEXT) menawarkan beasiswa bagi lulusan SMA/K dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Specialized Training College (Senshu Gakko).

Specialized Training College adalah sekolah yang memberikan keahlian khusus di bidang tertentu. Lulusannya diharapkan dapat mendukung beragam industri yang memiliki potensi berkembang tinggi di pasar dunia. Specialized Training College berlangsung selama 2 tahun. Setelah lulus dari college, siswa dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S-1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa juga dapat diperpanjang tergantung dari prestasi selama di college dan hasil seleksi.

Sebelum berkuliah di Specialized Training College, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Jepang. Total masa belajar yaitu 3 tahun.

Informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa Specialized Training College (Senshu) dapat diakses melalui: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_senshu2023.html

4. Research Student (S2/S3)

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan beasiswa bagi yang ingin belajar di universitas pascasarjana di Jepang sebagai research students (mahasiswa peneliti).

Research students adalah mahasiswa peneliti di bawah bimbingan profesor di Jepang yang melakukan penelitian di bidang keahlian masing-masing. Tujuan dari program ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa asing agar memiliki standar dan kualitas kemampuan penelitian yang mumpuni untuk melanjutkan studinya di jenjang master/doktor.

Saat berstatus sebagai research students, nantinya dapat melanjutkan ke jenjang master/doktor bila lulus ujian masuk yang diadakan oleh universitas tujuan. Akan tetapi, pelamar dapat pula langsung masuk ke program pascasarjana tanpa masa research students, bila mendapat izin/telah lulus ujian masuk di universitas di Jepang.

Informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa Research Student (S2/S3) dapat diakses melalui:  https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2023.html

Deadline Pendaftaran (4 – 19 Mei 2022)


Informasi lebih lengkap mengenai Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho 2022 - 2023

dapat diakses di https://www.id.emb-japan.go.jp/

Sumber: https://www.id.emb-japan.go.jp/

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) Periode Tahun 2022 - 2023"