Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Jauh Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek

 

Informasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek)
(Logo: Instagram @kampusmerdeka.ri)

PeluangTerkini.com – Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) membuka peluang kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk berkontribusi dan mewujudkan konsep Merdeka Belajar dengan memberi kebebasan untuk memilih bidang yang disukai. Apa dan bagaimana program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), berikut ulasannya!

Sekilas Tentang Program MBKM

Program MBKM merupakan program yang dicanangkan oleh Nadiem Anwar Makariem – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) – yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja dan menciptakan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan. Melalui program ini, mahasiswa berpeluang untuk mendapatkan pengakuan 20 SKS (setara dengan masa perkuliahan 1 semester) dengan kebebasan untuk memperoleh pembelajaran di luar program studi yang dipilih pada perguruan tinggi yang sama dan paling banyak 40 SKS (setara dengan masa perkuliahan 2 semester) untuk menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda, dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi.. Tidak hanya bagi mahasiswa saja, dosen maupun institusi atau perguruan tinggi juga berkesempatan untuk ikut serta dalam program ini.

Beberapa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang Dilaksanakan dalam Program MBKM

Bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No.3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi meliputi:

Magang/ Praktik Kerja

BKP ini cocok bagi kamu yang berminat untuk menambah wawasan di luar dari bidang atau bahkan sesuai dengan bidang yang sedang kamu geluti. Kamu akan terjun langsung di perusahaan yang telah terdaftar sebagai mitra magang dalam program Magang Merdeka ini. Mitra magang terdiri dari perusahaan, yayasan nirbala, organisasi multilateral, institusi pemerintah, maupun perusahaan rintisan (startup).

Tujuan program magang antara lain:

  1. Program magang 1—2 semester ini memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa, pembelajaran langsung di tempat kerja. Selama magang mahasiswa akan mendapatkan hardskill maupun softskill. Sementara industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung di-recruit, sehingga mengurangi biaya recruitment dan training awal/induksi. Mahasiswa yang telah mengenal tempat kerja tersebut akan akan lebih mantap dalam memasuki dunia kerja dan karirnya.

Studi/ Proyek Independen

Apakah kamu salah satu mahasiswa yang memiliki passion dalam mewujudkan karya besar yang dilombakan di tingkat internasional atau karya dari ide yang inovatif? Nah, program ini mungkin cocok untukmu. Kegiatan proyek independen dapat dilakukan dalam bentuk kerja kelompok lintas disiplin keilmuan.

Tujuan program studi/proyek independen antara lain :

  1. Mewujudkan gagasan mahasiswa dalam mengembangkan produk inovatif yang menjadi gagasannya.
  2. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset dan pengembangan (R&D).
  3. Meningkatkan prestasi mahasiswa dalam ajang nasional dan internasional.

Asistensi Mengajar/ Kampus Mengajar

Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar maupun menengah. Sekolah tempat praktek mengajar dapat berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil.

Tujuan program asistensi mengajar di satuan pendidikan antara lain :

  1. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan.
  2. Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan, serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi dan perkembangan zaman.

Pertukaran Pelajar

Pertukaran pelajar diselenggarakan untuk membentuk beberapa sikap mahasiswa yang termaktub di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020, yaitu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain, serta bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Kabar baiknya, melalui program ini mahasiswa dapat belajar sekaligus jalan-jalan loh sobat merdeka.

Tujuan program pertukaran pelajar antara lain:

  1. Belajar lintas kampus (dalam dan luar negeri), tinggal bersama dengan keluarga di kampus tujuan, wawasan mahasiswa tentang ku-Bhinekaan Tunggal Ika akan semakin berkembang, persaudaraan lintas budaya dan suku akan semakin kuat.
  2. Membngun persahabatan mahasiswa antar daerah, suku, budaya, dan agama, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Menyelenggarakan transfer ilmu pengetahuan untuk menutupi disparitas pendidikan baik antar perguruan tinggi dalam negeri, maupun kondisi pendidikan tinggi dalam negeri dan luar negeri.

KKN Temarik/ Membangun Desa

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di suatu desa. Pelaksanaan KKNT dapat dilakukan pada desa yang sangat tertinggal, tertinggal, dan berkembang, yang sumber daya manusianya belum memiliki kemapuan perencanaan pembangunan dengan fasilitas dana sebesar 1 miliyar per desa kepada sejumlah 74.957 desa di Indonesia.

Tujuan program membangun desa/KKNT antara lain :

  1. Kehadiran mahasiswa selama 6-12 bulan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya bekerjasama dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan.
  2. Membantu percepatan pembangunan di wilayah pedesaan bersama dengan Kementerian Desa PDTT.

Riset/ Penelitian

Bagi mahasiswa yang memiliki passion menjadi peneliti, memiliki minat dan keinginan berprofesi dalam bidang riset, maka BKP ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan.

Tujuan program riset antara lain :

  1. Penelitian mahasiswa diharapkan dapat ditingkatkan mutunya. Selain itu,pengalaman mahasiswa dalam proyek riset yang besar akan memperkuat pool talent peneliti secara topikal.
  2. Mahasiswa mendapatkan kompetensi penelitian melalui pembimbingan langsung oleh peneliti di lembaga riset/pusat studi.
  3. Meningkatkan ekosistem dan kualitas rfiset di laboratorium dan lembaga riset Indonesia dengan memberikan sumber daya peneliti dan regenerasi peneliti sejak dini.

Wirausaha

BKP ini dikhususkan untuk mahasiswa yang memiliki minat dalam dunia wirausaha dan siap mengambangkan usaha. Tunggu apa lagi?

Tujuan program kegiatan wirausaha antara lain :

  1. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing.
  2. Menangani permasalahan pengangguran yang menghasilkan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana.

Proyek Kemanusiaan

BPK ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dengan jiwa muda, kompentensi ilmu, dan minatnya dapat menjadi “foot soldiers” dalam proyek-proyek kemanusiaan dan pembangunan lainnya, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Tujuan program proyek kemanusiaan antara lain :

  1. Menyiapkan mahasiswa unggul yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  2. Melatih mahasiswa memiliki kepekaan sosial untuk menggali dan menyelami permasalahan yang ada serta tutut memberikan solusi sesuai dengan minat dan keahliannya masing-masing.

Sumber : Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek"