Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lolos Seleksi Program Kampus Mengajar Angkatan 5

 

Informasi Tips Lolos Seleksi Program Kampus Mengajar Angkatan 5
(Foto: Instagram @kampusmengajar)

PeluangTerkini.com – Apakah kamu salah satu mahasiswa aktif di salah satu universitas dibawah naungan Kemenristekdikti? Program Kampus Mengajar tentunya sudah tidak asing lagi kan? Untuk kamu yang belum tahu, program Kampus Mengajar ini merupakan program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah khususnya pada jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, mahasiswa yang dinyatakan lolos Kampus Mengajar akan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di sekolah sasaran dengan terfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi.

Sebelum dinyatakan lolos, mahasiswa yang mendaftar program Kampus Mengajar terlebih dahulu akan mengikuti proses seleksi. Adapun tahapan seleksi Program Kampus Mengajar meliputi: seleksi administrasi, verifikasi dokumen, tes literasi dan numerasi, survei kebhinekaan, dan terakhir yaitu value clarification test. Nantinya mahasiswa yang lolos seleksi program Kampus Mengajar akan ditempatkan ke beberapa sekolah yang menjadi target dan sasaran Kampus Mengajar, khususnya sekolah yang terakreditasi C dan berada di daerah 3T.

Bagi kamu mahasiswa aktif yang saat ini sedang menempuh pendidikan S1 (minimal semester 4), Ditjedikti membuka kesempatan untuk mendaftar pada program Kampus Mengajar Angkatan 5. Batas akhir pendaftaran hingga tanggal 13 November 2022. Untuk kamu yang tertarik, berikut tips lolos seleksi program Kampus Mengajar.

1. Cek Syarat Pendaftaran

  • Pada poin pertama, kamu perlu untuk memeriksa syarat-syarat yang telah ditentukan oleh penyelenggara. Pastikan kamu sudah memenuhi syarat yang tertera. Salah satu syaratnya, kamu harus merupakan mahasiswa aktif (minimal semester 4).

Catatan : Jika kamu saat ini berada di semester 3, silakan mendaftar (dengan catatan, akan memasuki semester 4 pada saat masa penugasan)

2. Lengkapi Berkas Dengan Benar dan Sesuai dengan Ketentuan

Pada poin kedua ini, kamu harus benar-benar memeriksa berkasmu. Cek dengan teliti berkas apa saja yang diminta dan sesuaikan dengan ketentuan yang telah disediakan. Berikut berkas-berkas yang wajib diisi:

  • Surat Pakta Integritas
  • Surat Rekomendasi dari Pimpinan Perguruan Tinggi, Minimal ditandatangani oleh Wakil Dekan.
  • Transkrip Nilai
  • Surat Izin dari Orang Tua
  • Surat Keterangan Sehat
  • Dokumen tambahan seperti: sertifikat prestasi, pengalaman mengajar, dan/atau pengalaman berorganisasi jika ada.

Catatan : Meskipun bersifat optional, pastikan kamu tidak melewatkan tahap pengisian sertifikat, karena ini salah satu hal yang cukup berpengaruh pada kelolosanmu dalam tahap seleksi administrasi, terlebih jika kamu memiliki sertifikat pengalaman mengajar karena dianggap sangat berkaitan dengan program Kampus Mengajar. Sebisa mungkin unggah semua sertifikat prestasi yang kamu miliki selama kamu berada di bangku perkuliahan

3. Ikuti Setiap Tahapannya dengan Baik, Benar, dan Jujur

  • Pada tahap Seleksi Administrasi, pastikan kamu mengisi berkas dengan baik, benar, dan jujur. Nantinya, penyelenggara akan melakukan verifikasi dokumen dengan tujuan untuk mengecek berkas-berkas yang telah kamu masukkan.
  • Pada tahap Tes Literasi dan Numerasi, kamu wajib memiki laptop! Selain itu, pastikan kamu sedang berada dalam jangkauan jaringan yang baik. Usahakan kamu fokus dan tetap konsisten dalam menjawab soal karena pada soal yang satu dengan soal yang lain akan saling berkaitan.
  • Pada tahap Survei Kebhinekaan, nantinya kamu akan dihadapkan pada soal-soal yang berisi pertanyaan terkait kebhinekaan. Sama seperti aturan menjawab soal literasi dan numerasi, pada soal survei kebhinekaan, kamu wajib konsisten dalam menjawab.

Demikian tips lolos seleksi program Kampus Mengajar. Info lebih lanjut terkait program Kampus Mengajar dapat dilihat pada link: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Semoga lolos dan menjadi bagian dari mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5!      

Sumber : https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Posting Komentar untuk "Tips Lolos Seleksi Program Kampus Mengajar Angkatan 5"