Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Beasiswa Penelitian Sintas Awards 2022

 

Informasi Pendaftaran Beasiswa Penelitian Sintas Awards 2022
(Foto: Sintas Indonesia)

PeluangTerkini.com – SINTAS Indonesia membuka kesempatan beasiswa penelitian dengan tema sosial budaya atau komunikasi dalam  rangka konservasi macan tutul jawa. Beasiswa terbuka bagi mahasiswa aktif jenjang sarjana ataupun pascasarjana. Segera daftarkan diri Anda dan jangan sampai terlewatkan! Batas akhir pendaftaran hingga 31 Desember 2022.

Sekilas Tentang Beasiswa Penelitian SINTAS Indonesia

SINTAS, yang berarti “bertahan” dan merupakan singkatan dari Save The Indonesian Nature and Threatened Species, didirikan dengan kesadaran bahwa keberhasilan melestarikan sumber daya alam Indonesia dalam jangka panjang hanya dapat dicapai melalui kepemimpinan yang menyeluruh dari para praktisi Indonesia. SINTAS secara aktif mendukung pemerintah dalam pengelolaan kawasan lindung, konservasi spesies, penegakan hukum, dan pendidikan serta pemberdayaan masyarakat. Dengan ini, SINTAS Indonesia mempersembahkan Beasiswa penelitian yang merupakan beasiswa penelitian tentang sosial budaya dan strategi komunikasi konservasi macan tutul jawa, dikhususkan pada satu mahasiswa sarjana atau pascasarjana.

Pilihan Tema

Tema 1 : Macan tutul jawa ditinjau dari aspek sosial, budaya, dan sejarah

Secara geografis, macan tutul (Panthera pardus) tersebar dari dataran Asia hingga Pulau Jawa di Asia Tenggara. Namun demikian, hingga saat ini tetap menjadi pertanyaan mengapa macan tutul jawa, yang merupakan anak jenis macan tutul, tidak dijumpai di Pulau Sumatera. Topik penelitian ini bertujuan untuk menyusun sintesa terkait sebaran macan tutul jawa yang hanya ada di Pula Jawa dari sisi socio-cultural dan sejarah berdasarkan kajian sosiologi, anthropologi, dan biogeografi, atau disiplin ilmu lain yang relevan. Metoda penelitian dapat berupa wawancara kepada tokoh masyarakat, budayawan, naturalis, penelusuran informasi ke para pemuka dari situs-situs bersejarah, dan ahli bioge…

Tema 2 : Peran dan efektivitas komunikasi media sosial dalam upaya konservasi macan tutul jawa

Telah banyak dikutip di dalam berbagai publikasi ilmiah terkait peran penting masyarakat umum dalam upaya konservasi satwa liar melalui sosial media. Namun demikian, kajian ilmiah terhadap dampak dari peran masyarakat umum dalam meningkatkan upaya konservasi macan tutul jawa melalui sosial media belum banyak dilakukan. Topik penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari peran mayarakat dan media sosial dalam konservasi macan tutul jawa, baik efektivitas maupun dampak negatifnya. Metoda penelitian dapat menggunakan kombinasi dari pendekatan social marketing, social media monitoring and analytics, atau pendekatan lain yang relevan. Output dari penelitian ini adalah rekomendasi strategi kampanye melalui sosial media.

Persyaratan Pendaftar

  • Warga Negara Indonesia.
  • Mahasiswa aktif sarjana (S1) atau pascasarjana (S2 atau S3) dari perguruan tinggi atau sederajat di Indonesia.
  • Minimal semester 6 (sarjana) dan semester 3 (pascasarjana) tanpa tanggungan akademik yang dapat mengganggu kegiatan penelitian.
  • Melampirkan surat rekomendasi dan pernyataan dari pembimbing akademik terkait butir 3 di atas.
  • Mahasiswa dengan dari bidang studi komunikasi, antropologi, filsafat, kehutanan, atau yang berkaitan. Atau mahasiswa dengan objek penelitian macan tutul Jawa.

Benefit Beasiswa

Mendapat dana hibah penelitian hingga Rp 10.000.000,- untuk satu judul penelitian dengan durasi pelaksanaan hingga 6 bulan, hibat tersebut dimaksudkan untuk mendanai semua atau sebagian biaya kegiatan penelitian. Namun, hanya diprioritaskan pendanaan untuk biaya penelitian langsung. Dukungan kepada kandidat terpilih selama penelitian dapat berupa:

  • Tes skrining Covid-19 untuk keperluan perjalanan apabila diperlukan,
  • Akomodasi dan transportasi,
  • Asisten lapangan,
  • Konsumsi selama penelitian,
  • Peminjaman peralatan lapangan,
  • Bimbingan selama penulisan,
  • Sertifikat penerima award.

Catatan : Anggaran hibah penelitian akan dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan administrasi keuangan SINTAS

(Foto: Sintas Indonesia)
Alur Pendaftaran

Kirim surat minat, konsep penelitian yang telah dikonsultasikan dengan pembimbing (mencakup rencana anggaran biaya dan tata waktu), surat rekomendasi dan pernyataan dari pembimbing akademik, scan transkrip akademik hingga semester akhir yang dikeluarkan oleh universitas dan resume ke info@sintas.or.id dengan subjek “SINTAS AWARD 2022_(Nama Anda)” selambat-lambatnya 19 Desember 2022. Hanya kandidat terpilih ayang akan dihubungi.

Pendaftaran

Informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran Beasiswa Penelitian SINTAS AWARDS 2022 dapat diakses pada web bit.ly/SINTAS-awardsLeopard atau melalui instagram @sintasindonesia.

Sumber: website bit.ly/SINTAS-awardsLeopard dan Instagram @sintasindonesia

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Beasiswa Penelitian Sintas Awards 2022"