Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Poin yang Perlu Dipertimbangkan Saat Sewa Kantor

 

(Foto: https://www.sewakantorcbd.com/)

PeluangTerkini.com - Gedung kantor merupakan hal penting dalam pengembangan bisnis Anda karena sebagai representasi usaha yang dijalankan. Karena itu, sebelum menyewa perlu memperhatikan beberapa poin penting yang berkaitan dengan gedung tersebut. Seperti Menara 165 yang ada di Jakarta, masing-masing gedung mempunyai keunggulan sebagai bahan pertimbangan. 

Sebagian besar waktu bekerja akan dihabiskan di gedung atau area kantor. Anda sebagai pebisnis perlu mempertimbangkan dengan baik sehingga usaha yang dijalankan semakin berkembang.  Tidak sedikit kolega yang memutuskan untuk mengajak kerjasama setelah melihat gedung yang ditempati karena menunjukkan prestise dari bisnis tersebut. 

Poin yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menyewa Kantor

Di kota besar, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya cukup mudah untuk menemukan gedung yang disewakan khusus untuk kantor yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Menara 165, misalnya. Gedung ini menjadi pilihan pemilik usaha karena mempunyai banyak keunggulan. 

Jika Anda ingin mendapatkan gedung sewa yang mendukung usaha, perlu melakukan survei terlebih dulu atau menghubungi pengelola untuk mendapatkan berbagai informasi. Sebagai bahan pertimbangan agar menemukan gedung yang cocok untuk kantor, bisa memperhatikan beberapa poin berikut ini. 

1.       Lokasi

Pertimbangan pertama adalah lokasi. Saat ini cukup banyak pusat perkantoran yang terdiri dari banyak gedung sebagai pilihan. Berkantor di pusat perkantoran yang representatif tidak hanya menunjukkan prestise perusahaan, namun penting dalam mendukung perkembangan usaha itu sendiri. 

2.       Budget

Untuk bisa menempati gedung atau ruangan perkantoran yang nyaman di lokasi strategis Anda perlu mengeluarkan uang cukup banyak. Namun hal ini bisa jadi merupakan keputusan yang tepat mengingat area tersebut dapat mendukung usaha yang sedang dijalankan. 

Meski demikian, masalah budget perlu mendapat pertimbangan sebab dengan menyewa gedung yang cukup mahal bisa berpengaruh pada cash flow usaha. Untuk mengantisipasi hal ini Anda bisa mencadangkan dana khusus sehingga secara keseluruhan tidak berdampak buruk terhadap keuangan perusahaan. 

3.       Ukuran

Poin berikutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah ukuran ruangan yang disewa. Ini berkaitan dengan kenyamanan dan aktivitas yang harus dijalankan dari ruang kantor tersebut. Apabila terlalu sempit, maka mobilitas dari karyawan dan semua orang yang ada di kantor tersebut akan terganggu.

Selain itu juga bisa menjadi penyebab sirkulasi udara kurang baik sehingga berdampak pada kesehatan. Namun jika Anda menyewa ruang yang terlalu besar, resikonya biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar sewa dan menjaga kebersihannya juga bertambah banyak 

4.       Desain

Masing-masing gedung bisa jadi mempunyai desain yang berbeda. Anda harus mempertimbangkan apakah desain tersebut sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Lokasi atau kawasan kantor harus dapat mencerminkan dan selaras dengan usaha yang dijalankan sehingga mendukung branding dari bisnis tersebut. 

Untuk mendapatkan gedung dengan tipe yang diinginkan saat ini cukup mudah. Selain yang sudah tersedia, banyak developer yang terus membangunnya karena memang kebutuhan konsumen terus bertambah. 

5.       Fasilitas

Faktor berikutnya yang tidak kalah penting adalah fasilitas yang disediakan oleh mengelola gedung. Apakah tersedia pantry, toilet dan fasilitas dasar lainnya. Tidak jarang untuk meningkatkan nilai jual dari sebuah lokasi perkantoran, pengelola bekerja sama dengan beberapa penyedia jasa untuk memberikan fasilitas kepada kantor yang menyewa. 

Jangan lupa juga untuk mengecek sistem keamanan, dimana ada hydrant, berapa banyak dan apakah mencukupi kebutuhan. Begitu juga dengan tangga darurat. Fasilitas ini penting ketika terjadi bencana gempa bumi dimana lift secara otomatis tidak akan berfungsi. 

6.       Lahan Parkir

Masalah parkir sering menjadi kendala bagi pengusaha yang menyewa gedung, baik untuk karyawan maupun tamu yang datang. Ada beberapa pengelola gedung yang menyediakan fasilitas tempat parkir namun terbatas sehingga jika Anda mempunyai banyak karyawan yang membawa kendaraan tidak cukup. 

Ada juga pengelola gedung yang tidak menyediakan tempat parkir sehingga karyawan harus memarkir kendaraan di luar area dan harus membayar cukup mahal. Ini perlu mendapat pertimbangan karena merupakan kebutuhan umum yang bersifat jangka panjang, yaitu selama bekerja di kantor Anda. 

7.       Akses

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan akses menuju gedung yang Anda sewa, apakah mudah ditempuh dengan kendaraan umum seperti bus dan kereta. Meski mempunyai kantor yang bagus, namun jika susah diakses, kolega akan enggan untuk datang. 

Kemudahan akses juga sangat menguntungkan bagi karyawan. Mereka yang tidak menggunakan kendaraan pribadi bisa dengan mudah datang maupun kembali dari kantor, apalagi jika sarana transportasi tersebut cukup murah. 

8.       Space untuk pengembangan kantor

Sebagai pengelola usaha, tentu Anda ingin bisnis yang dikelola terus berkembang. Hal ini berarti Anda akan menambah karyawan. Dengan demikian membutuhkan space tambahan untuk kantor. Pertimbangkan apakah Anda mungkin mendapatkan ruang tambahan jika sewaktu-waktu membutuhkan. 

Jika hal ini tidak ada, sementara kebutuhan penambahan ruangan sudah urgent, Anda harus pindah gedung mencari yang lebih longgar. Apabila sewa gedung sebelumnya masih lama, tentu Anda akan rugi. Selain itu, mencari gedung perkantoran dalam waktu cepat belum tentu mudah untuk mendapatkannya. 

Seandainya ada, belum tentu sesuai dengan keinginan. Apalagi biasanya Anda membutuhkan waktu untuk mendesain setiap bagian sehingga lebih sesuai atau mencerminkan usaha yang Anda jalankan.

Tentu Anda sangat beruntung jika bisa mendapatkan ruang kantor yang representatif, mempunyai fasilitas lengkap, mudah diakses, berada di lokasi yang strategis dan biaya sewa terjangkau. Untuk mendapatkan ruang kantor seperti harapan, sebaiknya melakukan survei dan banyak mencari informasi dari developer.

Salah satu gedung yang direkomendasikan sebagai pilihan adalah Menara 165 yang berada di Jln TB Simatupang Kav 1, Jakarta Selatan.

 

 

 

Posting Komentar untuk "8 Poin yang Perlu Dipertimbangkan Saat Sewa Kantor"